Wednesday, June 8, 2011

Caligula Tokoh S*ks Maniak Dalam Sejarah Romawi Bag. II

Berikut ini perilaku gila-gilaan Caligula :

1. Caligula jatuh hati pada Drusilla, saudara perempuannya sendiri. Namun Drusilla sudah menikah, Caligula pun memaksa Drusilla untuk meninggalkan suaminya. Ia lalu memberitahu rakyat Romami yang terkejut tentang ini, Caligula mengatakan bahwa hal ini adalah sangat pantas dan tidak seorangpun perlu mengeluh. Ia memberi alasan bahwa pada jaman dulu para Fraun juga telah melakukan hal seperti ini dan karena Romawi memerintah Mesir, maka perbuatannya adalah sesuatu yang benar-benar sah bagi dia.


2. Gemellus adalah saingan Caligula sebagai pewaris tahta Roma dari Tiberius, kakek mereka. Pada suatu waktu Gemellus datang untuk makan malam. Mulutnya menyebarkan bau obat batuk. Lalu Caligula pun menuduh Gemellus meminum obat penawar racun. Maka Caligula segera memerintahkan Gemellus untuk bunuh diri. Pemuda yang berusia delapan belas tahun itu menurut dan menusukkan pedang pada tubuhnya hingga mati.


3. Memerintahkan orang untuk bunuh diri menjadi kegemaran Caligula. Banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat telah diperintahkannya untuk mengakhiri hidup mereka sendiri. Dengan memerintahkan hal itu, rasa kedewaan Caligula semangkin menjadi-jadi. Ketika suatu malam dia duduk dalam acara perjamuan bersama kawan-kawannya, ia sekonyong-konyong meledak tertawa. Lalu ia menjawab pertanyaan atas tingkahnya itu, ia berkata,” Aku sedang berpikir bahwa hanya dengan satu anggukan kepala, aku dapat menitahkan leher kalian digorok!” Pernyataan itu langsung menghilangkan suasana riang pesta. Sungguh congkak!

4. Penghinaan Caligula terhadap orang banyak merajalela. Ia secara resmi mengumumkan bahwa kuda kesayangannya, Incitatus, menjadi Konsul. Lalu ia menyediakan Rumah yang mewah, lengkap dengan sejumlah pelayan, untuk mengurus kuda itu. Pesta-pesta besar diadakan, dengan kuda itu sebagai tuan rumahnya. Namun semua itu belum memuaskan rasa iseng Caligula yang sesungguhnya sudah kelewat batas, maka ia pun menunjuk kuda itu sebagai Imam di sebuah kuil. Gila!

5. Ketika Caligula menghadiri suatu pernikahan kawannya, kadang ia memutuskan bahwa ia sendirilah yang harus menjadi suami dari wanita itu. Pengantin prianya pun hanya duduk membisu keheranan. Ketika kemudian ia bosan dengan isterinya ini, ia menceraikannya.

6. Caligula sangat menyukai acara lelang. Ia seringkali naik ke atas meja dan pura-pura berperan sebagai juru lelang. Ia suka menjual budak belian dan para gladiator, dan terkadang ia memaksa orang-orang kaya untuk datang ke pelelangannya. Pernah suatu hari, seorang bangsawan tertentu yang telah dipaksa untuk hadir, mengangguk angguk sambil tertidur. Caligula mengartikannya sebagai tawaran. Ketika orang malang itu mulai terjaga, ia mendapati dirinya telah membeli 13 gladiator dengan harga yang amat besar, yaitu 2.250.000 Dinar. Jumlah uang yang sangat banyak wakti itu.

7. Caligula memutuskan bahwa air biasa tidak cukup baik untuk mandi, maka ia mandi dalam air parfum, untuk sekali perjamuan saja ia mengeluarkan 2.500.000 Dinar. Dalam waktu singkat pemborosan ini menguras keuangan negara yang ditinggalkan Tiberius dalam jumlah yang besar. Agar dapat memperbesar pendapatan negara, Caligula menetapkan pajak atas hampir semua barang.

8. Ketika terjadi kekurangan daging dalam pasokan makanan kebun binatang, Caligula menetapkan bahwa “semua tahanan yang kepalanya botak” dijadikan makanan bagi hewan-hewan penghuni kebun binatang itu.
Ketika umur 29 tahun, Caligula sudah kelihatan seperti orang tua. Semua perbuatannya yang melampaui batas telah menghabiskan vitalitas hidupnya, dan ia dibenci hampir seluruh Kemaharajaan Romawi. Pada tanggal 24 Januari tahun 41 ia membuat kesalahan dengan menghina seorang perwira pengawal pribadinya secara melampaui batas. Perwira ini yaitu Cassius Chaerea, menghunus pedangnya dan menebas Kaisar pada bahunya. Tetapi sementara ia masih terbelalak, anggota-anggota lain dari barisan pengawal menyerbu Kaisar Gila itu, membunuhnya dengan pedang mereka.
Dan dengan demikian berakhirlah riwayat hidup Caligula.

Menurut penilaian para ahli sejarah, mereka sepakat menyatakan bahwa Caligula adalah seorang yang SAKIT JIWA.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More